16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dari master Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita masukkan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Kejadian yang sering terjadi di blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus karena melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap web sobat sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah postingan.

kawan malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kalian lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Serupa di atas, jika anda menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Namun dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca silau dan langsung pergi karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kalian bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja indeking pada halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Kalau bisa, kawan juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian sebagai artikel yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.

Variasi Keyword ini membuat artikel kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel sobat cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel