15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah outdated, namun sebab masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan dalam poin dasar karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir Serp blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kalian sebagai situs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.

kalian malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, anda lagi membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu konten.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan indeking pada artikel yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau perlu, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah besar peluang Google mengindek konten kawan menjadikannya postingan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini membuat postingan kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa merajai page one.

0 Response to "15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel