16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar
Rabu, 6 Februari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi karena masih merajai di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa membuat backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi situs milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sekeren apapun tips menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun ide tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan canggung dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang tepat.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir masalah ini. Karena takut Serp blognya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kawan sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan anda merekomendasikan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.
kalian malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kamu sedang membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kawan bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu postingan.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten itu.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, kamu dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di tulisan tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika anda menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang sobat unduh itu. Jika harus, kamu juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya konten yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah di satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan anda cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa merajai page one.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi karena masih merajai di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Mungkin sobat bisa membuat backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi situs milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sekeren apapun tips menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun ide tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan canggung dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site yang Relevan
Banyak yang khawatir masalah ini. Karena takut Serp blognya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kawan sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan anda merekomendasikan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.
kalian malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kamu sedang membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kawan bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu postingan.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten itu.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, kamu dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di tulisan tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika anda menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang sobat unduh itu. Jika harus, kamu juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya konten yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah di satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator konten yang canggih
Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan anda cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa merajai page one.
0 Response to "16 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan