16 Trik Membuat Artikel Yang SEO Friendly
Isnin, 18 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Terkadang artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi karena masih nongkrong di page one tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
Ini perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Kalau kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul kamu kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena khawatir Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu postingan.
kamu malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, sobat lagi membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lain jika kamu menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kamu.
Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ide paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.
Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling di artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan image yang sobat download tersebut. Kalau perlu, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya artikel yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kamu hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat segera bersaing di SERP.
Terkadang artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi karena masih nongkrong di page one tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Ini perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Kalau kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul kamu kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena khawatir Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu postingan.
kamu malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, sobat lagi membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lain jika kamu menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kamu.
Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca aneh.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ide paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.
Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling di artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan image yang sobat download tersebut. Kalau perlu, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .
14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya artikel yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih
Menciptakan artikel adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kamu hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "16 Trik Membuat Artikel Yang SEO Friendly"
Catat Ulasan