16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita masukkan dalam poin pertama karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tanpa memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus karena tergantung dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam menyusun judul artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi sulit terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut Serp webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link anda ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kawan sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.

kamu malah harus waspada jika persentase keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kamu lagi membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika anda menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kalian bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang bekerja crawling pada halaman itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak duplikat dengan image yang kawan unduh itu. Jika harus, sobat juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan isi, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini membuat konten anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang admin posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kawan cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel