16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dari master Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun trik menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena takut ranking blognya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika sobat mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk suatu artikel.

anda malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda sedang membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi jika anda menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kamu bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, anda bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja crawling pada tulisan tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Kalau bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah mantap peluang Google mengindek konten sobat sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat dapat merajai page one.

0 Response to "16 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel