Cara menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dari pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami masukkan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut kurang tepat.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per konten malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kawan sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda menjual sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.
kalian malah harus waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, anda sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu konten.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, kamu dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking pada halaman tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, pastikan merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan image yang kalian download tersebut. Jika harus, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten anda menjadikannya konten yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih
Membuat konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa merajai page one.
0 Response to "10 Trik Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan