16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau judul yang menarik namun,, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka surfing website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku karena melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat judul artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Jika Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per post malah memudahkan user maka silahkan saja.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir Serp blognya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian menjual produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.

sobat malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, kalian sedang menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Serupa di atas, kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca silau dan langsung pergi karena artikel yang dibaca kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kawan dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat memakai image berasal dari Google, pastikan merubah judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Kalau perlu, kalian juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan sobat sebagai konten yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Membuat artikel adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel