12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang artikel yang dibagikan juga telah expired, tetapi hanya akibat masih ada di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami masukkan dalam poin paling penting karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kendali kita selaku pemilik web. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tidak memakai properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Misalnya contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun title tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Jika judul Anda kaku dan tidak menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah tulisan.

kawan malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, sobat sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, anda dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, pastikan mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak duplikat dengan image yang anda unduh tersebut. Kalau harus, kawan juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda isi, semakin besar peluang Google mengindek artikel kawan sebagai postingan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di page one. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel