10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka surfing blog milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Seringnya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus karena tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan ketika menyusun judul konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan kaku saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Mungkin sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Jika judul kamu kaku dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Relevan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat blog anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.

anda malah harus waspada jika seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda sedang membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Contoh lain kalau kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan elemen-elemen paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke robot yang bekerja crawling pada halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika sobat memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang kalian download tersebut. Jika harus, kamu juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan anda sebagai tulisan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan anda menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa merajai page one.

0 Response to "10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel