16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi sebab masih merajai di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Umumnya yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut peringkat webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kamu sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan menjual produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk suatu postingan.

kalian malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kalian sedang menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Contoh lain kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kamu juga dapat memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang melakukan indeking pada konten tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Jika perlu, kawan juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah mantap peluang Google mengindek artikel kamu menjadikannya artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan anda hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel