9 Trik Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka menjelajahi situs milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Umumnya yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 9 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Jika judul kamu kaku dan kurang menarik saat dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 9 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena takut Serp webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 9 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah tulisan.

kamu malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, sobat lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 9 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi dalam kenyataannya, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang indah.

Agar lebih mudah, kamu bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 9 Trik  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang bekerja indeking di halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan memakai image berasal dari Google, pastikan merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Jika perlu, kamu juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel sobat menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu konten.

Inonasi Keyword ini membuat postingan kamu menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu bisa merajai page one.

0 Response to "9 Trik Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel