12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dibuat master Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah situs adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau judul yang klikable namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tanpa memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kawan sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.

sobat malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, anda lagi menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kalian bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling di halaman itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Kalau bisa, sobat juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan sobat menjadikannya artikel yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing menempati page one. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu baik, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan anda cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten sobat dapat merajai page one.

0 Response to "12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel