16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu konten yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kamu sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.

kamu malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, anda lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Contoh lagi kalau anda menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat pokok paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kamu dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang bekerja indeking di tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang kamu download tersebut. Jika harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kamu sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan siap bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada artikel ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel