16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas
Ahad, 3 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun sebab masih ada di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami tuliskan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka surfing website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak menggunakan produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
Ini harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus karena melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat judul tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan tidak pas dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kamu merekomendasikan sesuatu).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.
kawan malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kamu lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Tapi pada prakteknya, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna pokok paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang kalian ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kawan sebagai konten yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang relevan.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian dapat merajai page one.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun sebab masih ada di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami tuliskan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka surfing website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak menggunakan produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Ini harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus karena melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat judul tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan tidak pas dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.
Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kamu merekomendasikan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.
kawan malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kamu lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Tapi pada prakteknya, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna pokok paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.
14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kawan sebagai konten yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang relevan.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian dapat merajai page one.
0 Response to "16 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan