Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih merajai di pejwan tetap dipakai. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari master Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan sebagai poin paling penting karena kami anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing blog milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Ini perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap post malah membantu visitor maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs anda sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda merekomendasikan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.
kalian malah wajib waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, kamu lagi membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi jika kalian membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kalian dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita.
Namun pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kamu dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang bekerja crawling di artikel yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan image yang kamu download itu. Jika harus, kawan juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kamu sebagai postingan yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan postingan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang canggih
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kalian hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"
Catat Ulasan