16 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Metode penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun sebab masih merajai di page one tetap dipakai. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan sebagai poin dasar karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
16 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena selain kontrol kita selaku penulis konten. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

16 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus karena tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Jika kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

16 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kalau judul Anda kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

16 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena khawatir ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web sobat sebagai situs yang keren karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

16 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.

kawan malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

16 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, sobat sedang membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

16 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Serupa di atas, kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau sobat bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

16 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang melakukan indeking di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Jika bisa, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya konten yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan siap bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel