16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami tuliskan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa membuat backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka mengunjungi blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus karena tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun title artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan kaku saat dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul Anda kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

 16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.

kamu malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, sobat lagi membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, sobat bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja crawling pada halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Jika perlu, kalian juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten sobat menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Membuat konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten unik dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten anda cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel