15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda
Ahad, 17 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin sobat dapat membuat backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka surfing situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di website, maka makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun cara penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat title konten karena jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang efisien.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.
kawan malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, kalian lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu artikel.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja crawling di artikel yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang kalian download itu. Kalau perlu, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin sobat dapat membuat backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka surfing situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di website, maka makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun cara penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat title konten karena jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang efisien.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link tiap postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.
kawan malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, kalian lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu artikel.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja crawling di artikel yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang kalian download itu. Kalau perlu, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Tambahkan Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.
0 Response to "15 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan