Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly
Ahad, 17 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dari ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan sebagai poin dasar karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.
Ini harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun ide konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidka menyatu dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul Anda tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Kalau kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu kurang efisien.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web anda sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika kalian mengenalkan produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, anda lagi membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kita.
Namun pada prakteknya, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu halaman.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, anda bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada artikel yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Jika perlu, kalian juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit cropping image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang kalian isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kamu menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing di page one. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada postingan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel sobat hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dari ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan sebagai poin dasar karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Ini harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun ide konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidka menyatu dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul Anda tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Kalau kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu kurang efisien.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web anda sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika kalian mengenalkan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, anda lagi membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kita.
Namun pada prakteknya, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu halaman.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, anda bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada artikel yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Jika perlu, kalian juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit cropping image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kamu menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing di page one. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada postingan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel sobat hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly"
Catat Ulasan