9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda
Ahad, 17 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih ada di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari sebuah situs adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut ranking webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog sobat sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu mengenalkan produk/jasa).
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.
anda malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kawan sedang menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Namun pada prakteknya, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, sobat dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari artikel pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang bekerja crawling pada halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan image yang sobat download itu. Kalau harus, kawan juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang anda isi, semakin besar peluang Google mengindek tulisan anda menjadikannya postingan yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bertahan di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu baik, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan anda cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih ada di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari sebuah situs adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut ranking webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog sobat sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu mengenalkan produk/jasa).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.
anda malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kawan sedang menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Namun pada prakteknya, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, sobat dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari artikel pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang bekerja crawling pada halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan image yang sobat download itu. Kalau harus, kawan juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Isi Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda isi, semakin besar peluang Google mengindek tulisan anda menjadikannya postingan yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bertahan di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu baik, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan anda cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan