15 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun sebab masih ada di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi blog sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda bersikeras membuat konten panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kalian sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kamu mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.

anda malah harus waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika kawan menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi pada prakteknya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca kelihatan amatir.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ruh terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, kawan dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 15 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang bekerja crawling di tulisan itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang sobat unduh itu. Jika harus, kalian juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian ulas, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kalian sebagai postingan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian bisa merajai page one.

0 Response to "15 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel