15 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda
Sabtu, 9 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita tuliskan sebagai poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi situs kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang user klik, dan sebagainya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.
Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat judul tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul Anda kaku dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kawan sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika sobat mengenalkan produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu postingan.
anda malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, kamu sedang membuat tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ruh paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.
Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke bot yang bekerja indeking di artikel tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Kalau perlu, sobat juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kalian isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kalian menjadikannya postingan yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan konten kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan kawan cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita tuliskan sebagai poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi situs kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang user klik, dan sebagainya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik
Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat judul tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul Anda kaku dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kawan sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika sobat mengenalkan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu postingan.
anda malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, kamu sedang membuat tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ruh paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.
Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke bot yang bekerja indeking di artikel tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Kalau perlu, sobat juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kalian menjadikannya postingan yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan konten kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang modern
Membuat konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan kawan cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa merajai page one.
0 Response to "15 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan