Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Terkadang artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi sebab masih ada di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dari master Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami tuliskan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Seringnya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Mungkin kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari sebuah tulisan.

anda malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, kamu sedang menulis trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ide terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, anda dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan indeking di konten itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu memakai image dari Google, sebaiknya merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh itu. Kalau bisa, kawan juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat berikan, tambah mantap peluang Google mengindek konten kalian sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kawan bisa merajai page one.

0 Response to "Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel