12 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, namun sebab masih merajai di pejwan tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin masukkan sebagai poin paling penting karena kami anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang user klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau judul Anda kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 12 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.

kalian malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kalian sedang menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 12 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, jika kawan membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor bingung dan langsung pergi karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ide terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 12 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang bekerja indeking di tulisan yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau bisa, kawan juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, tambah mantap peluang Google mengindek artikel kamu menjadikannya postingan yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat tulisan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bertahan di page one. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu bisa merajai page one.

0 Response to "12 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel