15 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab diluar kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka mengunjungi blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat ide konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Kalau Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 15 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 15 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 15 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika kalian mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas dari suatu postingan.

sobat malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kawan sedang membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 15 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kalian dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kita.

Tapi dalam kenyataannya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ruh terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kalian bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang sobat download tersebut. Kalau bisa, anda juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda isi, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan sobat sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan kuat bersaing di page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada artikel ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kalian hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel