10 Tips Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun karena masih nongkrong di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita masukkan dalam poin paling penting karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
10 Tips Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

10 Tips Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per artikel malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

10 Tips Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kawan sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

10 Tips Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan merekomendasikan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah postingan.

anda malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

10 Tips Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kalian sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

10 Tips Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lain kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika anda bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ide paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

10 Tips Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang bekerja indeking di tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang kamu download tersebut. Kalau harus, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel anda menjadikannya artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini membuat artikel sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel