15 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dari master Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

 15 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips tidak update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 15 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.

anda malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, anda sedang menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka anda bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 15 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Serupa di atas, kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau sobat bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kita.

Namun dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 15 Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada bot yang melakukan indeking di halaman yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika bisa, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel sobat menjadikannya postingan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan kuat bersaing menempati page one. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten anda cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel