10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab diluar kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing website kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis artikel SEO Sobat, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post malah membantu user sebaiknya buat saja.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kalian sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika anda mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.

sobat malah wajib waspada kalau tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan sedang menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kamu.

Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking di artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan image yang kalian download itu. Jika harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten anda sebagai artikel yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten sobat cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel