15 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat master Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
15 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena diluar kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi blog sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

15 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post malah membantu user maka silahkan saja.

15 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir ranking blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kawan sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

15 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.

anda malah harus waspada jika tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

15 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kamu sedang membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

15 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kalian dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di artikel kita.

Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat pokok paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

15 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak sama dengan image yang anda unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, semakin mantap peluang Google mengindek konten sobat sebagai tulisan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk membelinya sobat harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan sobat hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda bisa merajai page one.

0 Response to "15 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel