Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan sebagai poin paling penting karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap postnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih tips tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir peringkat blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kamu sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu postingan.
kalian malah kudu waspada jika tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kalian lagi menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.
Namun pada kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ruh paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang indah.
Untuk mengakalinya, kawan dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke robot yang melakukan indeking pada artikel yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan image yang kamu unduh tersebut. Jika harus, kamu juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda isi, semakin mantap peluang Google mengindek konten anda menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator konten yang modern
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang kita buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten anda hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "10 Tips Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan