15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun sebab masih nongkrong di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dari master Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin masukkan dalam poin dasar karena admin pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing website sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat ide artikel sebab jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan kaku ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut Serp blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog anda sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kamu menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk sebuah tulisan.

kalian malah kudu waspada kalau tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, anda sedang menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Contoh lain kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi pada prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca bingung dan langsung pergi karena konten yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ide paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, anda bisa menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang bekerja crawling pada artikel yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Jika harus, sobat juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kamu menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Variasi Keyword ini membuat artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel