9 Tutorial Membuat Konten Yang SEO Friendly

Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dari pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu website yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web anda sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.

sobat malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kawan sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat pokok terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, kawan dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada konten itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, sebaiknya mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Jika harus, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda isi, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan sobat sebagai konten yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang admin buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat dapat merajai page one.

0 Response to "9 Tutorial Membuat Konten Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel