12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan ada trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin masukkan sebagai poin paling penting karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Fenomena yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun judul artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi sulit terbaca dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut ranking webnya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web kamu sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk sebuah tulisan.

kawan malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kamu sedang membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lagi kalau anda membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun pada kenyataannya, banyak yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja crawling pada artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau harus, kamu juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kamu menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel