Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari suatu website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tidak memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun trik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kamu sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.

kawan malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, anda sedang menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Contoh lain kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi pada prakteknya, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan elemen-elemen paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, sobat bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang bekerja crawling di konten itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, pastikan merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Jika bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya konten yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di satu tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan konten sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat bisa merajai page one.

0 Response to "Tips Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel