9 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan ada trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca ketika mereka surfing situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di website, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing user, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 9 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Jika judul sobat kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis artikel panjang cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post malah membantu visitor maka silahkan saja.

 9 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi saran tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat blognya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kawan sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 9 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau kamu mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai dari sebuah postingan.

anda malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda sedang menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 9 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 9 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang melakukan crawling pada tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian menggunakan image dari Google, pastikan merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau bisa, kawan juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah mantap peluang Google mengindek konten kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa merajai page one.

0 Response to "9 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel