12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas
Jumaat, 22 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari sebuah website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat membuat backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan sebagainya.
Analoginya, semakin lama dan betah mereka di website, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.
Ini wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan canggung dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Kalau kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kalian sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika sobat mengenalkan produk/jasa).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.
sobat malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kamu lagi membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kamu dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga dapat memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.
Tapi pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan gagasan paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di halaman tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau harus, anda juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang kalian berikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya konten yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dari pakar Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari sebuah website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat membuat backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan sebagainya.
Analoginya, semakin lama dan betah mereka di website, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Ini wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan canggung dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Kalau kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kalian sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika sobat mengenalkan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.
sobat malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kamu lagi membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kamu dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga dapat memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.
Tapi pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan gagasan paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di halaman tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau harus, anda juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian berikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya konten yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat konten yang modern
Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "12 Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan