Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun hanya akibat masih merajai di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami tuliskan dalam poin pertama karena admin pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau konten yang klikable namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka mengunjungi blog kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tidak menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kawan sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari sebuah tulisan.

kalian malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, kalian sedang menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Contoh lagi kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.

Namun pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu konten.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang seni.

Untuk mengakalinya, kawan bisa memasukkan keyword kawan di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

  Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan crawling pada konten tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Kalau harus, kawan juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel kalian sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu konten.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk membelinya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa merajai page one.

0 Response to "Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel