12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah expired, tetapi sebab masih merajai di pencarian masih dipakai. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka surfing blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat title artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan kaku saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir ranking webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kawan sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.

anda malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kamu sedang menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Serupa di atas, kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau anda dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat gagasan paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu artikel.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kalian dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada tulisan itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kalian download tersebut. Jika perlu, sobat juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda isi, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu konten.

Ragam Keyword ini membuat artikel kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang admin posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel