15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik
Jumaat, 22 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi sebab masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya masukkan sebagai poin paling penting karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tanpa memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
Ini wajib dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat title konten karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya turun jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari suatu tulisan.
anda malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, sobat sedang membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu artikel.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, anda bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja crawling di artikel yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika perlu, kawan juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang anda berikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten anda sebagai artikel yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Variasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mantap bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat segera bersaing di SERP.
Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi sebab masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya masukkan sebagai poin paling penting karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tanpa memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Ini wajib dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat title konten karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Relevan
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya turun jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari suatu tulisan.
anda malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, sobat sedang membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Tapi dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu artikel.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, anda bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja crawling di artikel yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika perlu, kawan juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda berikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten anda sebagai artikel yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Variasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang modern
Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mantap bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"
Catat Ulasan