12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun karena masih merajai di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari sebuah website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau judul yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing situs milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Analoginya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis artikel SEO Anda, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.

kamu malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kalian sedang menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika sobat bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kita.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, anda bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja indeking di halaman tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan image yang sobat download itu. Jika bisa, anda juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, semakin besar peluang Google mengindek artikel kalian menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Variasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten unik dan kuat bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya buat pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa merajai page one.

0 Response to "12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel