12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun hanya akibat masih ada di pejwan tetap dipakai. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya masukkan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Bagi kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips tidak update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk sebuah tulisan.

kamu malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, kamu lagi menulis trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain jika kalian menembak keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kamu bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita.

Namun pada kenyataannya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari sisi user experience, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking pada tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau anda menggunakan gambar dari Google, sebaiknya merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau perlu, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan sobat sebagai tulisan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini membuat konten kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel