10 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 10 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi website milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun teknik pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 10 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat web anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.

anda malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, kalian sedang membuat tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 10 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau kawan menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, anda bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 10 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang bekerja crawling di halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau harus, kawan juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten anda sebagai postingan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat artikel kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang saya buat pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "10 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel