10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dari ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami tuliskan dalam poin paling penting karena admin anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau konten yang klikable namun,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka mengunjungi blog kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah artikel yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs sobat sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kalian mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu artikel.

kamu malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda lagi membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kamu dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kamu juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan gagasan terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.

Agar lebih mudah, kawan dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling di tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda menggunakan image dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Kalau harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, tambah mantap peluang Google mengindek konten sobat menjadikannya artikel yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kamu menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa merajai page one.

0 Response to "10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel