16 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi sebab masih ada di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku karena melihat dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau judul sobat kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post malah membantu visitor maka silahkan saja.

 16 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kawan sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 16 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu artikel.

kamu malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kalian sedang membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 16 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika anda bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun pada prakteknya, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ruh paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, anda dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 16 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja crawling pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang anda unduh tersebut. Jika bisa, kawan juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda isi, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kalian sebagai konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.

Inonasi Keyword ini membuat konten anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel