12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dari master Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin tuliskan sebagai poin paling penting karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Kalau judul kamu kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut ranking blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika anda menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.

kamu malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat lagi membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu konten.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kawan bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja indeking pada tulisan itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau harus, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah besar peluang Google mengindek artikel anda sebagai tulisan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang saya buat pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel