12 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Metode penulisan artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah expired, namun karena masih ada di page one tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
12 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka surfing blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

12 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Jika sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

12 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Kalau judul Anda kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

12 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Relevan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kawan sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

12 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.

kawan malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

12 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kawan sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

12 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lain kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ruh terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu halaman.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

12 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang melakukan indeking di tulisan yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang kawan download itu. Kalau harus, sobat juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya konten yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu wajar, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel anda cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel