12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun sebab masih merajai di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita masukkan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat memanipulasi backlink atau konten yang klikable namun,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kamu sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.

kalian malah harus berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan sedang membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Serupa di atas, kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau anda bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kalian dapat menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja crawling pada tulisan tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, pastikan mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Jika bisa, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit cropping image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel