9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Isnin, 4 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi sebab masih nongkrong di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini adalah tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat membuat backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.
Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun ide tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu tidak akan efisien.
Maksud admin yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web kawan sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kalian mengenalkan sesuatu).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah postingan.
kawan malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, kawan sedang membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja crawling pada halaman itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Jika bisa, anda juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan sobat sebagai postingan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi sebab masih nongkrong di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini adalah tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat membuat backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.
Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun ide tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu tidak akan efisien.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link per artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan
Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web kawan sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kalian mengenalkan sesuatu).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah postingan.
kawan malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, kawan sedang membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu konten.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja crawling pada halaman itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Jika bisa, anda juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan sobat sebagai postingan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan