12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian tetap dipakai. Banyak hal yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya tuliskan dalam poin paling penting karena saya pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun teknik menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Jika judul sobat kaku dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian ke situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.

kawan malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau sobat bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.

Tapi pada prakteknya, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, sobat bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke robot yang bekerja crawling pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang kalian download itu. Kalau perlu, anda juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kalian sebagai konten yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan anda jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel